E-Filling SPT, Safari, dan Firefox

Saya mulai menggunakan E-Filling. untuk pengisian pajak tahun ini (2016).
Pada awalnya semua lancar-lancar saja.
Masalah muncul pada saat sampai pada langkah ke-4, setelah dinyatakan nihil dan mencentang persetujuan, kemudian saya klik “langkah berikutnya”…tetapi selalu lemot (hanya berputar-putar saja tanpa solusi).
Hal itu saya alami 28 Maret, 30 Maret, dan beberapa kali pada bulan April. Saat mencoba mengirim 30 Maret, saya mengira karena banyak yang akses. Hal itu diperkuat dengan jawaban dari staf fakultas dan surat perpanjangan pengisian e-filling.

Akan tetapi, beberapa kali mencoba mengirim dan tidak pernah berhasil pada tahap akhir membuat saya datang ke kantor pajak di Wonokromo hanya sekadar untuk menanayakan apakah ada yang salah? Saya diterima oleh petugas yang ramah dan membantu. Akan tetapi, ternyata saat itu laman DJPonline juga sedang bermasalah. Petugas kemudian minta saya menggunakan situs djponline2….. wah ternyata setelah di klik ada tulisan under maintenance…wk wk wk. Saya juga sempat menanyakan mengapa menu “simpan” nya tidak berfungsi? Maksud saya, setelah sampai pada langkah terakhir dan tidak berhasil mengirimkan, ternyata nanti saya harus mulai dari awal lagi. Mungkin saya masih kurang salehah sehingga tidak mendapatkan rejeki menuntaskan pengiriman e-filling, saya pun pulang dengan tanda tanya yang masih timbul tenggelam.

Beberapa malam (tengah malam) mencoba juga masih gagal. Saya juga berkirim email ke “pengaduan@pajak.go.id”. Saya yakinkan lagi dengan membaca bantuan (faq) yang ada dua butir dan salah satu butirnya berbunyi “Browser apakah yang dapat digunakan secara optimal oleh aplikasi e-filling pada situs DJP? Browser yang direkomendasikan adalah Mozilla Firefox, Chrome dan Safari”. Saya pun merasa telah melakukan itu karena selama ini saya menggunakan Safari. Akan tetapi, saya kemudian ingat beberapa tahun lalu agak sulit mengisi suatu aplikasi karena browser yang saya gunakan Safari… jangan-jangan.

Akhirnya saya buka Mozilla Firefox, saya coba lagi mulai awal (wah, repot banget ya…mengapa menu simpan tidak berfungsi optimal?)… dan eng-ing-eng… begitu saya klik bagian akhir muncullah butir penerimaan yang saya tunggu, dan tinggal mengklik kode verifikasi yang saya pilih dikirimkan via email. Alhamdulillah, saya berbisik lirih, tampaknya bagian “Bantuan (faq)” yang ada di laman DJPonline perlu direalisasikan sehingga Safari betul-betul direkomendasikan (tidak sekadar ada dalam tulisan saja).

Mengisi berkali-kali DJPponline lewat Safari saya yakin ada hikmahnya, dan itu tidak akan mengubah kecintaan dan pilihan saya selama ini pada browser Safari. Memang tidak mudah berpindah ke lain hati🙂🙂.

Leave a Reply

