ARAWINDA NEURA ZAHIRA….23,5 bulan

Ara, cucu cantikku, sore ini punya kebiasaan baru. Saat aku enggan membukakan kulkas untuknya, dia berusaha menarik pintu kulkas bagian bawah dengan bergelendotan di pegangan pintunya… wah wah wah, kutarik tubuh mungilnya dan kuberi tahu bahwa itu berbahaya. Alhamdulillah kulkasnya tetap berdiri tegar dengan empat kakinya.

Namanya anak-anak, saat kuberi tahu bahwa itu berbahaya dia malah tertawa-tawa senang karena kugendong dengan gaya “kayu-kayu” seperti setiap habis mandi. (gaya “kayu-kayu” selalu kulakukan setiap selesai memandikan Ara, badannya kubungkus handuk dan kuayun-ayun sambil berkata dalam bahasa Jawa “kayu-kayu… sinten tumbas kayu, nggih… kayune huayuu lohh”... dan seperti biasa dia akan tertawa tergelak-gelak).

Sore ini kami bermain mendorong bola sambil bermain “andul” (duduk berhadap-hadapan tangannya bersedekap dan kakinya bersila. Badannya kemudian kugoyang ke depan dan ke belakang sambil melantunkan lagu “andul…andul…susune Mbok Loro Kidul…kebluwek jenange katul…otek- otek…unine…unine..harakkk harakkk harakkk (saat tiga kata yang terakhir badannya kugoyang agak keras dan diakhiri dengan merebahkannya ke bantal)… dia pun tergelak-gelak dan minta diulang sampai terdengar azan magrib dan kami pun menggelar sajadah untuk salat bersama. Seperti biasa dia minta dipakaikan mukena…Hanya saat itu Ara tidak mau di samping, dia merajuk ingin di depan dengan mukena besarnya. Saat rekaat kedua, dia mulai bosan dan berupaya membuka mukenanya, tetapi tidak bisa, diUlang lagi dan tidak bisa bahkan kakinya menginjak mukenany sehingga dia merajuk dan merengek-rengek minta dibukakan mukena. Dalam rakaat itu, kuraih mukenanya dan kubuka, kemudian kulanjutkan salat magribku.

Setelah salat, kami ke kamar mandi dan dia minta gosok gigi (biasanya kami lakukan sekitar pukul 21-an). Kusiapkan sikat gigi dengan sebaris tipis pasta gigi, dia pun mengembangkan senyum dan tangkas memasukkan sikat gigi ke mulutnya… hanya saja, apa yang dilakukan hanya sebatas memutar-mutar ujung sikat giginya…setelah senyumnya mengembang sambil binar matanya menatapku kulanjutkan menggosokkan giginya supaya bersih. Gerahan atasnya di dekat gigi seri semakin kuat seperti geraham bawahnya, gigi taring juga sudah mulai muncul sedikit… senyumnya melebar setiap kali kuminta dia membuka mulut..bola matanya bercahaya setiap kusikat gigi seri atasnya…Alhamdulillah.

Keluar dari kamar mandi, kakiku diraih dan dipeluknya…ooo, badannya lengket di kaki kananku seperti Koala memeluk ranting…saat kakiku kugeser dan kugerakkan ke atas dia tergelak…begitu seterusnya sampai kami di dekat kasur tipis di depan tv…kebiasaan baru yang membuatnya senang luar biasa…Alhamdulillah.

Malam ini dia tidak kuizinkan membuka tab (dia menyebutnya “HP ijo, Oma”), sebagai gantinya dia minta melihat Hi-5 di TV dan kuganti panel TV ke Disney Junior untuk melihat HI-5. Sambil melihat TV kubuatkan susu untuknya. Tanpa komentar Ara menerima botol susu dan berbaring di bantal…Anehnya begitu selesai minum susu sambil memegang tanganku matanya mulai terpejam…luar biasa malam ini dia tidur pukul 19 (biasanya dia tidur antara pukul 22–23). Alhamdulillah tidurnya tampak nyenyak, senyum tipisnya mekar di sudut bibirnya… mungkin dia tahu bahwa malam ini Omanya harus menyelesaikan pekerjaannya… he he he. KUpindah tidurnya ke kamar dan kubisikkan doa tidur serta ucapan “Selamat tidur Ara, malam ini Oma menjaga tidurmu.”

Sambil sesekali menatap wajah jernih Ara dalam tidurnya, Kuraih laptop dan kuketuk-ketuk papannya untuk mengguratkan huruf-huruf kesukaannku…Doaku untuk Mas Tri di sana; untuk Ibu Bapak di Solo; doa untuk Raras Tyasnurita di Nottingham, Arya Anuraga di Rotterdam, Abdul Ghofur (saat ini di Pekan Baru), Arawinda Neura Zahira, Luthfi Rizki Noormasfufah (Kiky) dan Hezarfen Aufaa Anuraga (anak-menantu dan cucuku); keluarga besar, sahabat, dan para mahasiswaku… semoga kehidupan berkah dan semoga Rida dan Rahmat Allah SWT selalu menyertai…aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: